DI DUGA KADES BALAI REJO JADI PENGUTIL UANG RAKYAT.

DI DUGA KADES BALAI REJO JADI PENGUTIL UANG RAKYAT.

Berita Daerah 0 Comment 38

LAMPUNG TIMUR,Gemantaranews

Berdasarkan keputusan tiga Menteri, yaitu Menteri dalam Negeri, Menteri / Kementerian Desa. dan Menteri Agraria dan Tata ruang. yang mana Pemerintah telah mendengung dengungkan akan pembuatan Sertifikat Gratis.

Gratis dalam pengertiannya bagi para pemohon pembuatan Sertifikat hanya di kenakan biaya untuk pembelian matere dan Fhoto Kopi berkas dengan pengertian ( biaya) yang harus di keluarkan oleh pemohon tidak lebih sebesar Rp.200000( Dua ratus ribu rupiah).namun lain halnya yang terjadi di Desa Balai Rejo, Kecamatan Batang Hari, Kabupaten Lampung Timur. ternyata program pembuatan Sertifikat (PTSL) telah di jadikan ladang pengutil oleh Kepala Desa setempat

Dari 1.150.bidang yang di buat atau di ajukan oleh Kades ternyata dari setiap satu bidang di patok seharga Rp. 440.000. dan sistem pembayarannya di atur dengan dua tahap pertama bagi pemohon membayar sebesar Rp.200.000. dan sisanya setelah sertifikat selesai.

Sebagai mana pengakuan dari narasumber yang tak mau di sebut namanya berinisial J.selain itu juga ia menegaskan bahwa dengan adanya program itu sangatlah di sambut baik oleh Masyarakat namun dengan adanya biaya sebesar itu tentu sangat memberatkan bagi pemohon, mengingat pembuatan sertifikat itu dalam pengertian Masyarakat kan Gratis.maka dengan adanya biaya tersebut tentu membuat pertanyaan warga tegasnya.

Berkaitan hal itu salah satu pengurus LSM GOTI dan beberapa Awak Media baik Media cetak mau Media One line menelusuri dan ingin mengkonfirmasi terhadap Kades setempat. namun hingga sampai berita ini di langsir Suparno( Kades) belum dapat di temui.bahkan info yang di dapat memang benar adanya kalau Kades tersebut jarang di rumah bahkan sangat susah justru kalau pun dia ada keluarganya selalu bilang tidak ada.

Dari prilaku yang di lakukan oleh Suparno dapat di sinyalir telah menilep uang masyarakat berkisar Rp.276.000.000. dan untuk selanjutnya hal ini LSM GOTI dan Awak Media akan menindak lanjuti hingga sampai ketingkat Hukum demi sebuah tegaknya Supremasi Hukum.( Bambang.S/ Gito.S.)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top