DEMI MELESTARIKAN TRADISI WARGA PESISIR SUMENEP, PEMKAB GELAR FESTIVAL ROKAT TASE’

DEMI MELESTARIKAN TRADISI WARGA PESISIR SUMENEP, PEMKAB GELAR FESTIVAL ROKAT TASE’

Budaya 0 Comment 25

SUMENEP, Gemantaranews

Untuk meningkatkan para pengunjung wisatawan ke Sumenep, Pemerintah Kabupaten Sumenep Gelar Festival nelayan rokat tase’ yang akan digelar pada hari Minggu 24 November 2019, tepatnya di PPI Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur. kegiatan tersebut, merupakan rentetan Visit Sumenep 2019.

Kepala Dinas Perikanan, Ir Arief Rusdi, M.Si selaku pelaksana dan penanggung jawab dalam Kegitaan itu mengatakan, petik laut atau rokat tase’ yang dikenal oleh para nelayan merupakan peristiwa ritual yang sering dilakukan oleh para nelayan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat tuhan yang maha kuasa segala tangkapan ikan yang melimpah dapat diperoleh.

“ Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas limpahan Rejeki yang telah diberikannya. Tradisi tersebut, merupakan budaya turun temurun yang dilakukan oleh para nelayan sebagai bentuk rasa syukur kepadanya,” kata Rusdi. Jum’at, 22/11/2019.

Menurutnya, tradisi yang demikian setidaknya perlu di lestarikan, karena adanya budaya dan tradisi yang beraneka ragam seperti ini menjadi daya tarik kepada para pengunjung dan wisatawan untuk datang ke kota Sumekar.

Untuk itu, Festival nelayan Rokat tase’ akan dikemas dengan beberapa penampilan pergelaran seperti, Khataman Al-Qur’an, Saronen, Musik tong-tong, Tari topeng, Drama tari kolosal, Sandur, Macopat, larung benih ikan laut,lomba budaya pesisir, Dialog kebudayaan, penyuluhan hasil olah ikan dan bersih bersih pantai,” Tuturnya.

Imbuhnya, pergelaran itu sangat unik dan sakral. kesakralannya terlihat disaat prosesi larung sesajen ke laut. selain itu, keunikan juga akan terlihat jika Semua perahu dihias dengan pernak pernik menuju ke tengah laut dengan membawa sesajen yang akan dilarung

” Tradisi ini merupakan tradisi unik yang dimiliki oleh warga Sumenep yang hidup di daerah pesisir. dengan adanya tradisi ini akan memikat para wisatawan untuk datang berkunjung melihat dan menyaksikan kota Sumenep dengan melalui budaya dan destinasinya,” Tambahnya.

Dia berharap, Semoga semua itu bisa membawa mamfaat yang lebih besar bagi pekerkembangan perekonomian Masyarakat Sumenep hingga, Masyarakat Sumenep lebih sejahtera. oleh karena itu, Melalui program visit Sumenep 2019 ini, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Sumenep lebih baik dari perekonomian pada saat ini,”Harapnya.( Noung daeng )

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top