DANDIM 0611/ GARUT LETKOL INF ERWIN AGUNG MELAKSANAKAN PENANAMAN RUMPUT VETIVER

DANDIM 0611/ GARUT LETKOL INF ERWIN AGUNG MELAKSANAKAN PENANAMAN RUMPUT VETIVER

TNI / Polri 0 Comment 6

GARUT, GemantaraNews

Upaya meminimalisir terjadinya bencana alam serta menjaga kondisi lingkungan yang asri dan sejuk serta mengembalikan hutan sebagai paru paru dunia, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr.(Han) melaksanakan Penanaman rumput Vetiver. Bertempat di Ds. Cipangaramat Kec. Cikajang dan Ds. Tanjung Jaya Kec. Banjar wangi .(Rabu,12/02/20)

Turut hadir pada penamanan vetiver tersebut, Kasdim 0611/Garut,Para Pasi Dim 0611/Garut,Para Danramil 0611/Garut,Forkopimcam Cikajang Banjarwangi,pimpinan PTPN Vlll/Giri Awas,pimpinan PT Agro,pimpinan perkebunan Megawati ,Aspar Cikajang,MUI Cikajang Banjarwangi,Kades Tanjung Jaya, Kapolsek, Ormas,Tokoh masyarakat,Tokoh Agama,Tokoh Pemuda dan masyarakat Cikajang.

Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr.(Han). Dalam sambutannya mengatakan Kita menyadari bahwa hutan dan lingkungan berperan sebagai penyangga kehidupan, sekaligus menyediakan kebutuhan pangan yang perlu kita jaga dan kita lestarikan. Masuk pada musim hujan kita mengalami bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

Melalui penanaman rumput vetiver ini kami mengajak, Mari kita kobarkan semangat untuk membenahi segala kekurangan dan kelemahan serta bertekad untuk memperbaiki yang terbaik dalam melaksanakan tugas ke depan TNI AD.

Dalam hal ini Kodim 0611/Garut sebagai Aparatur Negara sudah seharusnya memiliki kepekaan dan simpati terhadap alam dan lingkungan sekitarnya serta terhadap berbagai persoalan sebagai pertanggungjawaban kita terhadap rakyat

“Kami disini meneruskan apa yang menjadi himbauan dan perintah dari Bapak Presiden RI untuk menggalakkan penanaman tanaman Vetiver yang saat ini akan kita laksanakan bersama – sama, dengan slogan “KITA JAGA ALAM, ALAM JAGA KITA”.tandasnya

Menurut Dandim, tanaman vetiver atau akar wangi adalah sejenis rumput tumbuhan yang dikenal sebagai wangi-wangian termasuk dalam keluarga Serai atau Padi, tanaman ini tumbuh baik di ketinggian, dan ditanam di tanah yang tidak terlalu padat, maka akan sulit dicabut musim kemarau

“Sumber daya hutan dan lingkungan hidup merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan pembangunan budaya bangsa.

Perlu saya ingatkan, Bahwa saat ini aktivitas untuk menghutankan kembali dan memperbanyak ruang terbuka hijau. Hal tersebut belum menjadi kebiasaan masyarakat, namun demikian pemerintah ikut berperan, khusus dalam melaksanakan program rehabilitasi hutan. lahan sangatlah penting, karena bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman Global serius seperti banjir erosi dan tanah longsor.

Oleh karena itu, mengingat dampaknya yang sangat luas maka perlu komitmen seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mengatasi pemanasan global dengan cara dan upaya yang dapat dilakukan diantaranya menanam sejuta rumput Vetiver dan pohon lainnya.

Seperti yang dilaksanakan hari ini, mengapa demikian, lanjut Dandim 0611, karena rumput ini dapat mencegah tanah longsor dan akan menstabilkan tanah dan pada setiap-sehingga merupakan penghalang terhadap aliran permukaan dan erosi,

” Kepada para tokoh agama, Pemuda dan tokoh masyarakat agar membantu sosialisasi dan edukasi masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan disekitar, kita membangun kebiasaan menanam seharusnya menjadi kebutuhan secara berkelanjutan dan perlu digalakkan secara terus-menerus bertahap berjenjang dan berlanjut, ” Ujarnya

Sejalan dengan prinsip itu saya selaku Dandim 0611/Garut mengajak, kepada seluruh komponen masyarakat Mari kita budayakan menanam sejuta rumput vetiver secara aktif, demi mewujudkan lingkungan yang baik dan lestari serta terselenggaranya pembangunan guna tercapainya cita-cita bersama yaitu terwujudnya Garut hijau dan asri, pungkasnya.( dani pendim 0611/ Garut )

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top