DALAM WAKTU DEKAT KELOMPOK TANI BANYUWANGI SELATAN, AKAN SHOLAT MINTA HUJAN DIKAWASAN GUNUNG TUMPANG PITU

DALAM WAKTU DEKAT KELOMPOK TANI BANYUWANGI SELATAN, AKAN SHOLAT MINTA HUJAN DIKAWASAN GUNUNG TUMPANG PITU

Berita Daerah 0 Comment 104

BANYUWANGI, GemantaraNews

Musim kemarau berkepanjangan yang melanda wilayah Banyuwangi selatan membuat para petani kelabakan.

Mereka harus berbagi air jatah dari dinas pengairan yang tidak seberapa sehingga membuat tanaman disawah mereka terancam gagal panen karena banyak yang mati akibat kekurangan air.

Mereka menduga kegiatan aktivitas pertambangan emas di Gunung Tumpang Pitu menjadi salahsatu penyebab tidak adanya hujan turun.

“Kita tidak pernah mengalami kemarau sepanjang ini mas, biasanya bulan November dan paling lambat bulan Desember hujan pasti sudah turun, mungkin adanya aktivitas pertambangan digunung Tumpang Pitu bisa menjadi salahsatu penyebabnya”, ujar Toto (40th) seorang petani saat bertemu awak media dilahan kebun buah naganya.

“Anehnya lagi diwilayah lain hujan sudah turun, tapi kenapa disini sepertinya sangat sulit turun hujan, rumornya perusahaan tambang emas itu pakai jasa pawang hujan agar menahan hujan supaya tidak sampai turun”, tambahnya dengan nada jengkel.

Prihatin dengan nasib petani diwilayahnya salah seorang tokoh masyarakat Pesanggaran yang bernama Suburiyanto bahkan berinisiatif akan segera menggelar sholat minta hujan jika dalam seminggu kedepan hujan tetap tidak turun.

“Kita tunggu seminggu kedepan, jika hujan tidak turun saya akan ajak para petani untuk sholat minta hujan dan lokasinya bisa disepanjang jalan depan gerbang perusahaan tambang emas Gunung Tumpang Pitu”, tutur Suburiyanto kepada wartawan pada hari Rabo (25/12/2019).

Memang menurut pantauan dilapangan,saat ini di dua wilayah kecamatan yakni kecamatan Siliragung dan Pesanggaran sedang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang.

Bahkan diwilayah dusun Pancer dan dusun lainnya di desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran warga harus meminta bantuan air bersih kepada pihak perusahaan tambang emas Gunung Tumpang Pitu.(L. Ilyas)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top