BUDI DAYA TANAMAN PORANG PROSPEK YANG MENJANJIKAN

BUDI DAYA TANAMAN PORANG PROSPEK YANG MENJANJIKAN

Berita Daerah 0 Comment 235

METRO LAMPUNG
GemantaraNews

Tanaman Porang menjadi primadona bisnis dan tanaman ini memiliki ciri ciri yang jelas sekali berbeda dengan tumbuhan umbi lainnya, Tumbuhan herbal ini memiliki batang tegak dan lunak dan berwarna putih kehitaman. Nama porang ini dilain daerah lain pula namanya seperti dijawa timur dinamai Kairong di jawa barat Acoan oray atay acung dan ada juga mengatakan Suweg, Walur, atau Iles -Iles (species Amarphopallus).

Berawal dari wawancara gemantaranews salah seorang petani bapak Laswanto dari desa Ganjar Asri Kodya Metro Barat Rabu 01/01 /2020 mengatakan “kami beberapa kelompok tani Ngudi Asri Makmur sudah memperkenalkan dan membudiyakan tumbuhan porang ini kepada petani lainya. Bahkan diluar Metro seperti Lampung Timur dan sebahagian didaerah Sumatera, ujar Laswanto.

Disebut lagi tanaman umbi umbian ini sangat menjanjikan menjadi orang yang sukses seperti seorang petani yang berasal dari Jawa Timur bapak Paidi. Berawal dari kunjungan Paidi kedesa kami sekaligus memberikan wawasan dan bimbingan dan pada akhirnya kolompok tani Ngudi Asri Makmur secara mufakat bersama langsung membudidayakan tanaman umbi -umbian ini tambah Laswanto.

Salah satu kelompok tani panggilan akrabnya Wanto mengajak media gemantaranews melihat tanaman porang yang sudah berumur tiga (3) bulan dan Wanto mengatakan. “petani yang berkeinginan menjadi petani porang kami siap membantu mulai cara memberi wawasan dan menyediakan bibit “tegas Wanto .

Untuk para petani pemula, dapat menghubungi bapak Anton dan Laswanto (085266658795) dan nantinya para petani dapat langsung konsultasi dan mendapat bimbingan bagaimana cara pengelolaan umbi porang yang baik dan bagus .Dan apabila sudah saat panen tiba ,kami siap menampungya,tutup Wanto.(fk.nainggolan /anton)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top