BATIK ON THE SEA 2019 DI PANTAI SALOPENG, DIBUKA SECARA SIMBOLIS OLEH BUPATI SUMENEP

BATIK ON THE SEA 2019 DI PANTAI SALOPENG, DIBUKA SECARA SIMBOLIS OLEH BUPATI SUMENEP

Berita Daerah 0 Comment 36

SUMENEP, Gemantaranews

Batik ON THE SEA 2019 merupakan salah satu Rangkaian dari visit Sumenep 2019 yang sudah di gelar untuk kali kedua. Namun, Sengaja dirancang dan merangkul perusahanan perbankan yang berada di kabupaten Sumenep, agar Batik kabupaten Sumenep dapat diperhitungkan. Dalam acara parade Batik tersebut, dihadiri oleh FORKOPIMDA Kabupaten Sumenep dan dibuka secara simbolis oleh Bupati sumenep. Sabtu,27/7/2019.

Bupati K.H. A.Busyro Karim, M.Si menjelaskan, acara hari ini merupakan Rangkaian dari visit Sumenep 2019 yang digelar untuk kali kedua. tujuanya, bagaimana Industri Batik kabupaten sumenep tidak hanya menjadi tradisi kebanggaan masyarakat sumenep saja. Tapi, bisa menjadi potensi untuk meningkatkan kreasi Batik di Sumenep, bagaimana bisa menjadi industri Batik yang dapat diperhitungkan keberadaanya. hingga saat ini ada 46 industri kelompok Batik kabupaten sumenep hanya bersifat kelompok kecil dan kelompok besar.

karena, dahulu Batik merupakan tradisi kultur dan bagian dari tradisi kebanggaan kesederhanaaan masyarakat Sumenep dari desa kedesa. jika diamati dari aspek kulturalnya Batik Sumenep berkembang melalui kebijakan pemerintah. Misal, Siswa SD diharuskan memakai batik labeng mesem sumenep. dan tak kalah pentingnya juga ASN dikabupaten sumenep, setiap hari Selasa wajib memakai batik.

“pergelaran event hari ini, dilengkapi dengan parade layang-layang, kompetesi model, pameran Batik, dan kompetesi Fotografi,” Jelasnya.

Harapanya, Bagaimana pemerintah dapat meningkatkan kreasi Batik kabupaten sumenep
hingga BUMN dan BUMD dapat memberikan suntikan modal pada kelompok Industri Batik tersebut. hingga masyarakat kabupaten Sumenep tidak lagi Batik jadi tradisi kebanggaan saja. Tapi, Bagaimana batik bagian dari untuk mencari bakat para pemuda sumenep dan anak-anak kita nantinya,” Harap Busyro dalam sambutanya.(Noung Daeng)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top