BARU DUA HARI SELESAI DIBANGUN JALAN DESA DI KAB.GARUT SUDAH RUSAK LAGI

Berita Daerah 0 Comment 208

GARUT, Gemantaranews

Anggaran Dana Desa (ADD) yang digulirkan Pemerintah, yang seyogyanya untuk meningkatkan pembangunan baik fisik maupun ekonomi, namun disinyalir tidak semulus dengan program yang seharusnya. Hal tersebut akibat dari lemahnya pengawasan dari pihak terkait, seperti terlihat pada pelaksanaan kegiatan fisik yang berada di Desa Cimahi Kec.Caringin, Kab.Garut.

Di dalam sebuah papan kegiatan tersebut dituliskan “Peningkatan Kwalitas Jalan dengan volume 1000 x 1,2.m, dengan alokasi dari Anggaran Dana Desa tahun 2019 sebesar Rp.124.857.000,-“. Namun sangat disayangkan ketika melihat pemandangan yang ada dilapangan, Kondisi jalan yang baru berumur dua hari selesai dibangun sudah rusak kembali.

Berdasarkan dari penelusuran yang dapat Kami himpun, Disamping volumenya yang tidak sesuai, juga Spek bahan yang digunakan sangat jauh dari standar, Padahal Kita tahu dalam pengalokasian anggaran kegiatan itu ada beberapa tahapan panjang sampai akhirnya menjadi sebuah kegiatan. ketika hal itu di konfirmasikan kepada Kepala Desanya (Yadi Rustiyadi), jawaban dari beliau malah rancu dan kurang relevan yang mengatakan “Bahwa hal itu sudah hasil kesepakatan di Desa bersama masyarakat dan TPK sdr. Cacang yang juga merangkap sebagai LPM didesa Cimahi”.

warga masyarakat merasa senang dengan dibangunnya jalan tersebut, sebab jalan merupakan sarana untuk kelancaran berjalannya sebuah roda perkonomian dan hal lainnya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah kenapa baru dua hari sudah kembali rusak, ini masih musim kemarau bagaimana apabila dimusim hujan.

Begitupun dengan pembangunan sebuah Gapura, yang tidak ada RAB juga proposal pengajuannya, Gapura dibangun tidak menggunakan anggaran ADD ataupun DD karena tidak ada RAB nya, menurut pemborongnya.
Tetapi menurut Kades bahwa pmengenai Pembangunan Gapura tersebut RAB dan Proposal diajukannya belakangan/dibelakang, Memang ada atau bisa prosesnya yang seperti tersebut. Dan itu artinya tetap saja menggunakan Anggaran yang dikucurkan dari Pemerintah.

Hingga berita ini diturunkan, belum berhasil untuk melakukan konfirmasi kepada Pendamping desa Cimahi (Mulyana). Dalam hal ini pun warga masyarakat berharap ada tindakan tegas dari pihak Pemerintah Kabupaten.
Dan kondisi seperti ini mungkin tidak hanya ada di Kec.Caringin saja, tidak menutup kemungkinan di Desa dan Kecamatan lain yang berada di Kab.Garut pun sama seperti yang ada di Desa dan Kecamatan tersebut.
(pen/biro garut)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top