BANTUAN LANGSUNG TUNAI ( BLT) DI DESA LABANSARI KEC. CIKARANG TIMUR KAB. BEKASI JADI PUNGLI OKNUM PERANGKAT DESA

BANTUAN LANGSUNG TUNAI ( BLT) DI DESA LABANSARI KEC. CIKARANG TIMUR KAB. BEKASI JADI PUNGLI OKNUM PERANGKAT DESA

Hukum 0 Comment 929

KAB. BEKASI, GemantaraNews

Desa Labansari Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi-Provinsi Jawa Barat, Oknum RT Perangkat Desa Labansari diduga melakukan pemotongan terhadap Dana Desa Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap warganya.

Hasil tersebut didapat dari temuan lnvestigasi dan pantauan Organisasi Masyarakat Gema Nusantara (Gemantara) Eksekutif Cabang Bekasi, Oknum RT yang merupakan perangkat Desa yang mendatangi Rumah Warga setelah warga mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan ternyata Oknum RT yang merupakan perangkat Desa Labansari melakukan pemotongan terhadap Dana BLT tersebut dengan jumlah yang bervariasi dari mulai sebesar Rp.200,rb dan Rp.100,rb.

Setelah Oknum RT perangkat Desa Labansari itu mengetahui bahwa Organusasi Masyarakat Gema Nusantara (Gemantara) melakukan investigasi, serentak pada mengembalikan uang pemotongan Dana BLT tersebut kembali kepada warga

Ketua Ekbang Gemantara Kabupaten Bekasi Deden Guntara pun angkat bicara dalam hal ini yang menyatakan, Apabila terdapat sebuah pernyataan yang dibuat dalam bentuk surat oleh pihak Oknum RT yang merupakan perangkat Desa atau bahkan apabila ada pegawai Desa juga Kepala Desanya terlibat terhadap pemotongan Dana BLT tersebut, Apakah dengan mengembalikan uang hasil pemotongan dari Dana BLT tersebut kepada warga bisa mengugurkan suatu perbuatan tindak PIDANA yang jelas-jelas merupakan suatu penyelewengan terhadap uang Negara, Terutama disaat pandemi covid-19 ini, katanya.

Ia menambahkan, Apalagi KPK yang merupakan lembaga lnstitusi Negara sudah mengeluarkan peringatan keras terhadap penyelewengan Dana dari bantuan pemerintah. Begitu pula dari lnstitusi pemerintah lainnya seperti Polri, Kejaksaan, bahkan Mendagri menyatakan hal yang sama.

Dalam hal ini seluruh pihak Desa termasuk perangkat tersebut harus bertanggung jawab, kalaupun berkilah bahwa tidak mengetahui hal tersebut atau tidak mengintruksikan akan hal itu atau bahkan tidak pernah menyetujui mengenai hal tersebut. Tetapi
tidak bisa lepas tanggung jawab begitu saja, Namun harus bisa bertanggung jawab juga dengan semua itu, Kenapa? sebab semua berada dibawah kepemimpinannya dan segala sesuatu pun semestinya harus diketahui dan melalui persetujuannya, menurut deden.

Hal yang dilakukan Gema Nusantara (Gemantara) merupakan salah satu bagian dari tupoksinya, Dan hal tersebut juga dilakukan Gemantara mengikuti himbauan dari KPK, Kejaksaan, Polri bahkan Mendagri untuk turut mengawasi terhadap penyaluran Dana bantuan pemerintah apalagi saat pandemi covid-19 baik melalui BLT atau pun bentuk bantuan lainnya yang dikeluarkan Pemerintah, imbuh deden.

Deden Guntara juga meminta kepada lnstitusi yang berwenang dalam hal ini yakni pihak Kepolisian bersama Kejaksaan untuk menindak lanjuti hal tersebut, yang menurutnya bukan saja di Desa Labansari saja hal tersebut terjadi mungkin bisa saja terjadi di Desa-desa lainnya baik di Bekasi atau pun diluar Bekasi bahkan mungkin bisa saja hal itu terjadi di Desa-desa yang ada di setiap Provinsi yang ada di lndonesia ini, pungkasnya.
(biro bekasi).

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top