BANJIR BANDANG LUMPUHKAN JALAN NGAMPRAH KAB. BANDUNG BARAT

BANJIR BANDANG LUMPUHKAN JALAN NGAMPRAH KAB. BANDUNG BARAT

Peristiwa 0 Comment 110

KAB. BANDUNG BARAT, GemantaraNews

Pada musim penghujan Kita sebagai warga Jawa Barat mesti harus selalu mewaspadai kemungkinan sesuatu hal yang tidak bisa diprediksi. Sehebat hebatnya kepandaian manusia walaupun dengan berbagai gelar baik itu dari hasil sekolah ataupun pengalaman yang sangat mumpuni, tetapi tetap saja yang namanya manusia memiliki keterbatasan.

Seperti halnya banjir bandang yang terjadi melanda diwilayah Kabupaten Bandung Barat pada selasa 31 Desember 2019.
Desa yang terdampak dari banjir bandang tersebut adalah Desa Marga Jaya dan Desa Kerta Jaya tepatnya dua perkampungan yang parah terdampak dari banjir bandang tersebut yaitu Kampung Lebak Sari dan Kampung Ciburial termasuk juga perumahan Cimareme yang ketinggian airnya hingga mencapai seukuran pinggang orang dewasa.

Kejadian tersebut bukan saja merupakan sebuah dari fenomena alam saja, tetapi ditimbulkan akibat dari beberapa faktor kesalahan pada manusianya juga (Human Error). Hal tersebut dapat dilihat dari akibat tersumbatnya gorong-gorong oleh banyaknya sampah, yang sampah tersebut ada dan timbul bukan dengan sendirinya.

Disamping itu hal yang lainnya dari kejadian tersebut tidak bisa disangkal pula akibat dari sebuah bekas penggalian tanah dari proyek Kereta api Cepat lndonesia China (KCIC) yang berdampak pada sebuah sungai, Yang dimungkinkan aliran air sungai tertimbun oleh tanah dari hasil galian tersebut.

Apakah sebuah kemungkinan-kemungkinan ataupun dampak yang akan ditimbulkan oleh sebuah sebab dan akibat sudah dipikirkan, dalam hal ini oleh pihak kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut.

Bupati KBB sendiri yakni Aa Umbara mendatangi langsung lokasi banjir bandang tersebut. Bahkan ia mengintruksikan kepada pihak kontraktor proyek Kereta Api cepat ini untuk segera membereskan, kekhawatiran beliau (Bupati) bukan tanpa alasan, Hal ini agar jangan sampai berlarut-larut, Apalagi akses jalan menuju ke Pemkab KBB lumpuh total, katanya.

Sementara itu menurut masyarakat setempat kejadian banjir memang ada tetapi tidak separah sebelum ada proyek kereta api cepat ini.
Oleh sebab itu kenapa Bupati KBB meminta kepada pihak kontraktor proyek KCIC untuk segera menyelesaikan agar permasalahan ini bisa cepat tertanggulangi.
(doni/ahmad)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top