BALAI PENGAJIAN DARUL FATA GAMPONG COTBARAT MERIAHKAN MAULID NABI SAW DENGAN RAJA SEULAWET.

BALAI PENGAJIAN DARUL FATA GAMPONG COTBARAT MERIAHKAN MAULID NABI SAW DENGAN RAJA SEULAWET.

Headline 0 Comment 36

ACEH UTARA, GementaraNews

Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Balai Pengajian Darul Fata Gampong Cot Barat Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW Pada hari Minggu (23/02/20).

Memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW kali ini dimeriahkan oleh beberapa Group anggota zikir di antara lain, Group zikir Gampong Cot Dah, Gampong Cot Barat, Bacaan Raja Salawat dan turut di hadiri olah seluruh tokoh masyarakat, tokoh pemuda dalam lingkungan kemesjidan Baiturrahmah Gampong Bayi Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara.

Pimpinan LPI Balai Pengajian Darul fata Tgk. Irwansyah menjelaskan, “kegiatan ini terlaksan dengan hikmat berkat kerja keras santri, santriwati, wali santri dan masyarakat lingkungan, saya atas nama pimpinan balai pengajian Darul Fata Gampong Cot Barat dengan segala kerendahan hati mengucapkan beribu terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini”. Jelasnya

Beliau juga menambahkan, “Kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahun. Adapun undang kurang lebih seribuan undangan yang datang untuk memeriahkan maulid Nabi dibalai tersebut, mulai dari orang dewasa dan anak anak serta lain lain nya”, tambahnya nya.

“Tradisi perayaan hari maulid Nabi Muhammad di Aceh memang rutin kita laksanakan setiap 12 rabiul awal tapi karna ada yang nama nya maulid di awal dan maulid di akhir, yaitu ada yang pelaksanaan nya Maulid pertama pas 12 hari Rabiul Awal kemudian ada yang pelaksaan nya pertengahan, dan ada yang di akhir yaitu maulid ke Tiga”.lanjutnya

Sementara itu, kendala LPI Balai Gampong Cot Barat hingga saat ini masih belum memadai tempat untuk para santri dan masyarakat yang hadir mengikuti belajar mengaji terpaksa duduk dengan tempat yang sempit dan berdesakaan. Seperti kekurangan balai, tempat wuzhuk yang layak hingga kebersihan dan kesuciannya terjamin, MCKnya juga harus memadai agar bisa dipisah antara santri degan santriwati saat buang air, sehingga ini yang menyebabkan, kami belum bisa berbuat apa-apa dengan jumlah murid 87anak-anak, 43 ibuk-ibuk dan 26 orang dewasa yang ikut pengajian rutin, karna kami keterbatasan biaya untuk hal ini semua”.

Harapan Tgk. Irwansyah kepada pihak Pemerintah Daerah dan para donatur yang ada, terutama dinas terkait peduli terhadap upaya upaya yang di alami oleh badan Dayah atau lembaga pengajian di kampung- kampung yang ada di Aceh Utara dapat membantu dukungan sepenuhnya dalam hal kendala yang di alami oleh balai pengajian nya selama ini, karna menurut ia untuk Gampong Cot Barat merupakan satu satu nya tempat pengajian yang rame santri ikut pengajian ditempatnya, selain dari Gampong Cot Barat santri juga ada yang ditampung dari 5 desa lain. (Hamdani/Sayful)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top