BAITUL MAL ALUE KEUJRUEN DAN KARANG TARUNA ACEH UTARA SALURKAN ZAKAT PADI KEPADA 666 FAKIR

BAITUL MAL ALUE KEUJRUEN DAN KARANG TARUNA ACEH UTARA SALURKAN ZAKAT PADI KEPADA 666 FAKIR

Berita Daerah 0 Comment 40

LHOKSUKON ACEH, GemantaraNews

Badan Baitul Mal Desa Alue Keujruen Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara bersama Pengurus Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, menyalurkan zakat padi kepada 666 Fakir Miskin yang ada di Desa, Acara tersebut dilaksanakan Senin, 06/01/2020 di Aula Balai Desa Alue.

Ketua Badan Baitul Mal Desa Alue Keujruen, Tgk Sudirman mengatakan total Zakat Padi Tahun 2020 ini sejumlah 3.966 Kg, jadi kita bagi empat senif, Senif Amil 991,5 Kg, Senif Qharim 991,5 Kg, Senif Fakir 991,5 Kg dan Senif Miskin 991,5 Kg.

Disebutkan, Penerima Zakat untuk Senif Fakir sejumlah 155 Jiwa, sehingga setiap jiwa memperoleh 6,3Kg/Jiwa, sedangkan Penerima Zakat untuk Senif Miskin sejumlah 511 Jiwa, sehingga setiap jiwa memperoleh 1,5 Kg/Jiwa, Jelas Tgk Sudirman.

Tgk Sudirman, menjelaskan penetapan ke-666 Fakir Miskin sebagai penerima Zakat Padi tersebut melalui proses seleksi dan verifikasi terlebih dahulu melalui Rapat Pimpinan Desa, Tuha Peut dan Kepala Dusun serta tim Baitul Mal Desa Alue Keujruen.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Aceh Utara Sarjani, ST, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Alue Keujruen yang telah membentuk Badan Baitul Mal Desa sebagai wadah untuk menampung Zakat, Infaq dan Shadaqah warga untuk disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya.

Sarjani juga berharap agar langkah tersebut dapat ditiru dan dilaksanakan oleh Seluruh Geuchik yang ada di Aceh Utara, hal ini sangat penting setiap Desa memiliki Badan Baitul Mal Desa sebagai wadah untuk menampung Zakat, Infaq dan Shadaqah warga untuk disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya.

Badan Baitul Mal Desa juga harus terus memperlebar sayapnya dalam upaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Bukan hanya penyaluran zakat bersifat konsumtif, tapi juga zakat produktif bagi angkatan kerja. Dan tentu itu semua dapat terwujud jika jumlah muzaki atau pembayar zakat terus bertambah, harapnya

Kami mengimbau masyarakat baik perorangan maupun perusahaan atau lembaga untuk berbondong-bondong menyalurkan zakatnya melalui Badan Baitul Mal Desa yang ada di Aceh Utara,” ajak Sarjani.(Hamdani)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top