ASTRAZENECA LUNCURKAN PROGRAM “HEALTHY LUNG” DI BANDUNG

ASTRAZENECA LUNCURKAN PROGRAM “HEALTHY LUNG” DI BANDUNG

Serba-serbi 0 Comment 19

BANDUNG, GemantaraNews

AstraZeneca bekerjasama dengan Kemenkes, Project Hope Universitas Gajahmada & Dinas kesehatan Kota Bandung meluncurkan Program Healthy Lung, di Puskesmas Pasirkaliki Bandung pada Selasa 15 Oktober 2019. Melalui program Healthy Lung ( paru-paru sehat ) bertujuan untuk mengatasi 5 kesenjangan multidimensi dalam perawatan asma melalui program intervensi dan mencari solusi untuk meningkatkan hasil kesehatan di pusat layanan primer (Puskesmas).

Menurut Direktur PT.AstraZeneca Indonesia, menjelaskan ” sebagai bagian dari rangkaian program Healthy Lung, kami bangga dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Project Hope untuk melakukan serangkaian kegiatan intervensi dalam mengatasi kesenjangan yang kami temukan dalam penelitian formatif kami sebelumnya, guna mendorong hasil yang lebih baik bagi pasien asma. Dengan perbaikan pelayanan asma di Puskesmas maka biaya layanan akan semakin efisien”.

Selanjutnya Risman Abudaeri mengatakan ” Menurut data dari Article Directorate General of Health Service, 4,5% dari populasi di Indonesia menderita penyakit asma, dengan jumlah kumulatif kasus asma sekitar 11.179.032 penderita. Sementara itu, Survey Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) kementerian kesehatan tahun 2015 mencatat bahwa penyakit paru-paru kronis adalah salah satu dari penyebab kematian terbesar di Indonesia”.
Sementara itu Kabid P2P Dinkes Kota Bandung, dr.Rosye Arosdiani,M.Kom menjelaskan:”Kami menemukan bahwa banyak pasien asma pergi langsung ke rumah sakit dari pada mengunjungi Puskesmas terlebih dahulu, dengan harapan mendapatkan pengobatan asma yang lebih baik daripada Puskesmas. Dengan meningkatkan pelayanan terhadap pasien asma selama program investasi dilaksanakan, pasien yang menggunakan obat controller inhalasi menunjukkan peningkatan status asma terkontrol dibandingkan dengan pasien yang menggunakan terapi oral. Kami juga menemukan bahwa, selama kegiatan intervensi, pasien yang tidak dirujuk ke rumah sakit cenderung meningkat. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan pengobatan asma di Puskesmas Bandung”.(Sulaeman Biro Bandung)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top