9 UNSUR YANG TIDAK BOLEH DILEPAS KETIKA MENULIS DI MEDIA ONLIE

9 UNSUR YANG TIDAK BOLEH DILEPAS KETIKA MENULIS DI MEDIA ONLIE

Serba-serbi 0 Comment 30

SURABAYA, GemantaraNews

“9 unsur itu diantaranya dianggap penting, aktual, unik/khas,kedekatan,keterkenalan/tokoh, besar (berhubungan dengan angka-angka), Ngetren/populer,human interes,konflik. Tidak harus lengkap , minimal ada 2 sampai 3 unsur ada sehingga menarik untuk dibaca,’ ujar Danang Nur Ihsan selaku narasumber Workshop Menulis Konten Populer Media Online yang digelar Solopos Institute melalui zoom (19/5).

Danang sapaan akrab pria yang baru sekitar enam belas tahun berkiprah di media dan kini dipercaya sebagai Redaktur Pelaksana Solopos Digital menjelaskan pembaca media cetak sangat beda dengan media online.

Jika media cetak pembaca disuguhkan dari lembar demi lembar halaman bahkan harus buka halaman berikutnya jika bersambung.

Sementara online harus memadatkan isi berita, makanya judul dan lead harus nyambung, baru body berita bisa lebih mengerucut lagi materinya, seperti piramida terbalik.

“Jangan sampai judul sama leadnya nggak nyambung, nanti yang membaca bingung, judulnya sama leadnya kok gak ada kaitannya,’ ujarnya.

Sementara itu, narasumber berikutnya Workshop Menulis Konten Populer di Media Online Rini Yustiningsih Pemimpin Redaksi Solopos Group, mengangkat pentingnya foto dalam mendukung pemberitaan yang bagus.

”Lima unsur foto di nilai katagori bagus diantaranya memenuhi unsur dramatis artinya bukan asal mengambil foto, emosional artinya foto yang dimuat benar benar menyentuh, keunikan (obyek yang diambil termasuk unik),menakjubkan membuat heboh yang melihat karena belum pernah ada, tajam atau jernih hasil fotonya,” ujarnya.

(Noung daeng )

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top