5 SISWA SD BOJONG DS.GUDANG KEC.CIKALONG KULON CIANJUR-JAWA BARAT MENGALAMI KERACUNAN

5 SISWA SD BOJONG DS.GUDANG KEC.CIKALONG KULON CIANJUR-JAWA BARAT MENGALAMI KERACUNAN

Peristiwa 0 Comment 115

CIANJUR, Gemantaranews

Peristiwa bermula saat mereka bermain ke area hutan di belakang gedung sekolah. Salah satu dari siswa tiba-tiba menemukan umbi gadung yang memang mirip dengan bengkuang. Ia kemudian memakan dan membagikan ke teman-temannya,kamis (10/10/2019).

Tidak lama kemudian, mereka mulai merasakan pusing dan muntah-muntah. “Mereka kami periksa. Pengakuannya, mereka merasa pusing lalu mual. Selain itu, bibir mereka bengkak,” kata Kepala Puskesmas Cikalong Kulon Budi.

Menjalani perawatan selama empat jam, kondisi mereka kembali pulih. Setelah menjalani observasi, mereka diperbolehkan pulang.

“Mereka dibawa ke puskesmas sekitar pukul 10.00 WIB, langsung mendapat penanganan, termasuk diberi cairan infus. Setelah kami observasi selama dua jam, kondisi mereka membaik dan bisa pulang. Kami juga beri obat untuk dikonsumsi,” katanya.
Budi membenarkan siswa keracunan setelah menyantap umbi gadung yang dikira buah bengkuang. Dari segi rasa memang memiliki kemiripan.

“Umbi itu memang bisa dikonsumsi. Namun bukan langsung dimakan, melainkan harus melalui proses pengolahan terlebih dulu. Kalau langsung dimakan, mungkin saja mengandung suatu zat yang berbahaya dan menimbulkan alergi. Biasanya gadung itu diolah dulu,” ucapnya.(biro cianjur)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top