10, HA AREA GUNUNG SUNDA SUKABUMI ALAMI KARHUTLA

10, HA AREA GUNUNG SUNDA SUKABUMI ALAMI KARHUTLA

Peristiwa 0 Comment 22

SUKABUMI JABAR,
Gemantaranews

Terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Gunung Sunda di Kabupaten Sukabumi, BPBD Jawa Barat mencatat sekurang-kurangnya ada 20 Ha terjadi pada Rabu (4/9/2019).

Menurut Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi, karhutla tersebut terjadi di Kampung Ciroyom RT.29/07, Desa Padaasih, Kec.Cisaat, Saat ini dalam penanggulangan tim serta personnel Kami yang masih berada dilokasi untuk pemadaman juga pendataan, katanya.

Dikatakan beliau (Daeng Sutisna), Api yang membakar lahan dan hutan Gunung Sunda tersebut masih menyala dibeberapa titik. Tim pemadam dari Damkar Cisaat, Pramuka, relawan BPBD dan sejumlah relawan lainnya masih terus berupaya memadamkan api hingga pukul 18.00 WIB agar tidak menjalar.

Penyebab utama dari kebakaran tersebut belum diketahui, Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang baranya masih menyala, hingga memicu karhutla tersebut. Apalagi disaat hutan dan lahan Gunung Sunda dalam kekeringan akibat kemarau, Sehingga dengan cepat api mudah menyala dan menjalar, imbuhnya.

Untuk mengetahui perkembangan lnformasi selanjutnya, update secara berkala akan terus dilakukan apabila terdapat laporan tambahan, Petugaspun masih terus bersiaga di lokasi untuk memantau kondisi api yang dikhawatir terus membesar.

Kondisi lahan yang kering ditambah banyak ranting pohon yang mati, sekecil apapun pemicunya bisa mempercepat terjadi kebakaran.

Oleh sebab itu, pihaknya terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu karhutla seperti membakar barang bekas, rumput kering atau membuang puntung rokok yang masih menyala, yang dikarenakan kondisi lahannya yang kering, banyak ranting pohon mati yang bisa memicu terjadinya kebakaran, pungkasnya.
(hendi/her biro sukabumi)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top